Rabu, 06 September 2017

KOLEKTIF KOLEGIAL

“Kalo cuman elo yang aktif, elo juga yang bakal ketiban sial”

Malem ini sebetulnya gue udah ngantuk, lampu udah gue matiin, tinggal nge-off-in mata; merem. Belom sempet gue merem, terdengar ketukan dan salam, gue jawab lalu gue persilain masuk. Ternyata dua adekku nganterin undangan, ada pesta katanya. Ya pesta dua tahunan yang gue sendiri pernah jadi ketua panitianya. Agendanya bulan ini, tinggal beberapa hari lagi, sebenernya sih gue keberatan coz dah punya agenda di tanggal yang sama. Namun, bagaimanapun juga gue pernah menjadi bagian dalam pesta itu, ngerasain susahnya jadi panitia. waktu rapat yang dateng cuman empat. Kalopun sampe sebelas, amblas satu persatu hingga tinggal tujuh, itu jumlah maksimal.

Sedikit ngenang masa taon 2008an, ngomongin panjang, lebar, luas, tinggi, dan isi. Panjang jalan yang mesti ditempuh para aktivis, kadang kagak nyadar tubuh dan isi kantong kian menipis. Mesti lebar pantat nungguin temen mo molai rapat, belom datang udah bilang telat, rapat jam satu datang jam empat, gimana kagak lebar nih pantat. Luas, elu-elu pade kudu awas, kudu punya agenda pribadi sebelom pribadimu diagendakan, yakin yang namanya organisasi kagak ada ngetemnya, justru ngetemnya tuh kebanyakan karena nungguin temen-temen yang pada mau rapat. Waktu rapat nih biasanya yang dibicarakan tinggi-tinggi sekali kiri-kanan nggak liat-liat lalu jatuh ke jurang (kayak lagu naik-naik ke puncak gunung aja ya?) ya emang gitu sih, maklum darah muda darahnya para remaja yang selalu merasa gagah tampil di muka bilangnya ogah (sembari bersenandung kidungnya Wak Haji Oma Irama). Lah kalo kayak gini gimana visi yang tinggi bakal tercapai? Okelah gak usah tinggi-tinggi yang penting berisi, kalo gini tumbuh ke atas apa ke samping? Apapun bolehlah yang penting pas ada kegiatan jangan menyamping, orang jawa bilang “Melu keplok ora melu tombok”. Ternyata apa yang gue rasain juga dirasain oleh adek-adek gue. Gak iklas kali ye! Iklas gak iklas, coba bayangin. Yang punya organisasi pelajar, anggotanya pelajar, yang merancang program juga pelajar, bisa-bisanya waktu semesteran malah mikirin rapat kegiatan, gak heran kalo dulu ada plesetan IRM (Ikatan Remidi Matematika), hahaha. Kalo gue sih matematika gak pernah remidi, maklum gue anak IPS, mo ambil computer takut kesetrum. Nah ini nih yang bikin kolektif kolegial gak berjalan gimana mestinya. Biasanya yang aktif mesti terlibat dalam setiap program bidang meski bukan bidangnya sendiri. Kalo tidak terlihat mesti dicurigai, udah molai mementingkan diri sendiri, gak loyal lagi, gak setia sumpah janji pas pelantikan, kudu mentingin organisasi di atas kepentingan pribadi dan golongan, what? Lo kira organisasi penjara baru? Organisasi tuh memerdekakan, bukan membelenggu. Meringankan, bukan merongrong keuangan. Menggembirakan, bukan menggeringkan badan, maklum kebayang dulu beratnya cuman 35Kg, Alhamdulillah sekarang udah nambah, 45Kg sudah, namun selalu ditolak kalo mo donor darah).

So, kalo cuman elo yang aktif, elo juga yang ketiban sial, bukan kolektif kolegial namanya. Kolektif kolegial gak sekadar pimpinan yang aktif, elo-elo pade para anggota juga kudu aktif, pan elo juga yang milih pimpinan. Jadi kagak ada lagi peribahasa “ringan sama dijinjing, berat elo yang pikul”. Udah saatnya kite serukan “ Bersatu kita teguh, bercerai jangan sampai!” (nyarinya lagi susah soalnya, hehe).

Dimanapun jari ini melompat, antara pertengahan Desember 2016 – 6 September 2017 (00:44)

*) sorry, sengaja keluar dari pakem Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jadi tidak patut ditiru ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PAK CIK

“Semua gambar diawali dari sebuah titik” Pak Cik aku memanggilnya, bukan sebutan paman dalam Bahasa Melayu. Beliau adalah Pak Mucikno, Gur...