Selasa, 23 Juni 2009

RONA-RONA PART II

“TERPERANGKAP DI RUMAH TUHAN”
Apa jadinya bila orang yang demam bertemu dengan orang yang patah hati,tentu saja keduanya sama-sama sakit. Tapi sakit yang berbeda,satu sakit secara fisik, yang satu sakit secara psikologi, saya tidak bilang sakit jiwa loh. Yah hampir satu bulan saya merasakan demam, keinginannya macam-macam dari mulai roti tawar sampai apapun yang ditawarkan pinginnya saya makan, tapi apalah daya lidah orang demam rasanya pahit, maksudnya apapun makanan yang masuk ke mulut rasanya pahit juga. Pernah satu ketika saya pingin sate kambing muda, baru 2 tusuk sudah gak kuat, padahal biasanya tidak. Satu ketika juga pingin es buah gak peduli badan panas dan batuk-batuk, kalo sudah begitu demam dan batuknya tambah parah baru nyesel. Tapi tak ada kata sesal untuk sesuatu yang enak-enak….maksudnya ya es buah tadi.
Kemarin saya menemani cowok patah hati. Untuk mengusir bayangan adindanya ia lebih memilih melakukan kegiatan yang bermanfaat, interview dengan masyarakat tentang pelayanan publik, cukup ampuh untuk melupakan adindanya barang sejenak. Ya hal itu kami lakukan di desa Rogoselo, itung-itung refreshing, meskipun di sana saya juga tidak banyak membantu, bahkan tidak bisa membantu sama sekali, wong Cuma tidur saja, maklum demamnya belum sembuh. He…pulangnya es buah lagi. Hayo… kandani kok ngeyel, kelakuan!!!.
Belum puas rupanya, selepas pulang dari Rogoselo tadi cowok yang sedang patah hati menawariku sesuatu. Ayo mau apa lagi?, aku jawab aja. Jagung Rebus depan RSI Pekajangan. Ya sudah bakda maghrib langsung meluncur. Cowok itu memberiku uang 5 ribu. Waktu kutanya harga, seribu rupiah jawab penjualnya. Ya sudah saya beli 10. habis itu malah bingung le maem. Cari-cari tempat, akhirnya diputuskan maemnya di lapangan Bebekan saja (itu loh, sebelah stadion Manggala Krida, Bebekan Kedungwuni Pekalongan tempat konser maut Ungu yang menelan korban). Eh…sampai sana pas adzan Isya. Langsung deh masuk Masjid Al-Amin.
Masuk gerbang Al-Amin ponselku bergetar,maklum deringnya dah gak fungsi, ternyata Mbak Kus yang call. Langsung aku matiin, bukan apa-apa sih, gak enak nrima telpon di masjid apalagi waktu Isya. Ternyata tidak satu dua kali. Ya sudah, aku putuskan untuk mengangkatnya. Sementara si cowok patah hati menikmati jagung rebus terlebih dahulu kemudian solat berjamaah. Eh, dilayani nemen-nemen malah sangsaya ndadra. Mosok jama’ah dah pada turun gak mau di putus pembicaraane. Eman-eman kali ya…. Padahal dah tak bilangin kalo lampunya dah mulai dimatiin, artinya masjid segera ditutup. Yo wes akhire tak putus aja, tak tinggal solat.
Selepas itu…..haaaaa kok gerbangnya di gembok???? Paling-paling takmirnya masih di dalam pikirku. Tapi nyatanya dicari-cari gak ada juga. Yah terperangkap di masjid deh. Tapi ini justru kesempatan untuk makan jagung rebus dengan tenang.
“mbk, gbsa kluar. Gerbgnya dh dkunci” untuk mengusir kejenuhan akupun sms mbak kus.
“mf ya, gra2 kus pak gr jd kekunci. Trus njuk tidur d msjd?, mf ya seandiny kus mw dtnggl td. Kus emg egois”. Sms penyesalan dari mbak kus. Meskipun saya memanggilnya mbak, tapi dia menyebut dirinya Kus. Sepertinya gak mau dipanggil mbak, biar gak keliatan tua kaleee. Secara memang sebenernya kami selisih 5 bulan, tuaan aku lah. Cuman karena dia dianggap mbak oleh Ayu (baca: Ayumi Shinji) sayapun memanggil mbak juga.
“tng aj mbk, ini bntk prtlongn Tuhan kok. Dia tdk rela hambNy yg briman ikt2n
nongkrg d alun2”
“halah, gymu org kekurung d msjd ya kekurung. Njuk bilange pertolongn Tuhan. Preeet.. kelakuan”
“lhoh2 org bnr kok, tp sptny dngn nih n bkl jd sntpn nymk”
“tng ae Tuhan bkl ngrm bidadari utk nemenin xan tidur. 2 sxgus, biar yg stu gk ngiri”
“kandamu, d msjd lo mbk!”.
Gak kurang akal akhirnya sayapun tanya pada penjual lontong tahu. Ternyata dia tahu dan bersedia memanggilkan takmirnya.
Hmmmmgh….! Akhirnya datang juga. Pintu di buka, kamipun menyampaikan terima kasih.
“Kok ngantos di kunci pak?” apa jawabnya?
“OPO KON NGENTENI SAMPEYAN TURU?” dengan nada tinggi tentunya, Masya Allah, Takmir kok ada yang kayak gitu ya.
“Itulah, orang yang ahli ibadah tetapi tidak bisa bersosial. Hanya hubungan vertical saja tanpa dibarengi hubungan horizontal. Ini jelas tidak seimbang. Apa tidak ada cara lain? Misalnya memberi peringatan bahwa masjid akan segera di tutup, atau sabar menunggu lah barang sejenak. Saya takut Allah murka kepadanya”. Kata cowok patah hati tadi
Kalau demikian adanya justru saya yang merasa takut, dengan alasan disaat yang lain solat berjamaah, saya justru asik ngobrol sama mbak Kus, disamping itu sudah berprasangka buruk dengan Takmir tadi.
Yah….nggak lagi-lagi deh solat di masjid Al-Amin. Kapok...!

Bebekan, 13 Mei 2009

NB : Pak Takmir, bapak kan sebagai Takmir Masjid Al-Amin. Mohon lebih santun lah
terhadap tamu Allah. Maafkan kami kalo telah membuat bapak repot.
https://usk-pekalongan.blogspot.co.id/2013/07/masjid-al-amin-bebekan-lap-gemek.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PAK CIK

“Semua gambar diawali dari sebuah titik” Pak Cik aku memanggilnya, bukan sebutan paman dalam Bahasa Melayu. Beliau adalah Pak Mucikno, Gur...