ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU II (APKG
II)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
1.
NAMA
GURU / MAHASISWA : …………………………………………….
2.
NIM :
…………………………………………….
3.
NAMA
SEKOLAH : …………………………………………….
4.
MODEL
PKR : …………………………………………….
5.
KELAS/SEMESTER : …………………………………………….
6.
MATA
PELAJARAN : …………………………………………….
…………………………………………….
7.
TOPIK :
…………………………………………….
8.
TANGGAL : …………………………………………….
9.
KELOMPOK
BELAJAR : …………………………………………….
10.
UPBJJ-UT : …………………………………………….
PETUNJUK
1.
Amati dengan cermat pembelajaran yang
sedang berlangsung.
2.
Pusatkan perhatian anda pada kemampuan
guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3.
Nilailah kemampuan guru tersebut dengan
menggunakan butir – butir penilaian di bawah ini.
4.
Khusu untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan
kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilih salah satu butir penilaian yang
sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.
1. Melakukan pembelajaran 1 2 3 4 5
a.
|
melaksanakan tugas rutin kelas
|
|||||||||
b.
Memulai kegiatan pembelajaran
c.
|
Menggunakan ragam kegiatan yang
sesuai
dengan
kemampuan/tujuan/indicator,
siswa, situasi, dan
lingkungan
d.
|
Melaksanakan kegiatan pembelajaran
secara
Individual,
kelompok, atau klaksikal.
e.
|
Menggunakan sumber belajar yang
sesuai dengan
Kemampuan/tujuan,
siswa, situasi, dan lingkungan
f.
|
Menggunakan media belajar yang
sesuai dengan
Tujuan, siswa,
situasi, dan lingkungan
g.
|
Menggunakan waktu pembelajaran
secara
efisien
h.
|
Mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
Rata – rata butir 1 = P
2. Mengelola interaksi kelas 1 2 3 4 5
a.
|
Menunjukkan perhatian serta sikap
bersahabat,
terbuka
dan penuh perhatian kepada siswa
b.
|
Memicu dan memelihara
keterlibatan siswa
c.
|
Melakukan komunikasi secara
efektif
|
Rata – rata butir 2 = Q
3. Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam
1 2
3 4 5
pembelajaran
kelas rangkap (isi yang sesuai
dengan
RP PKR yang sedang dimilai)
a. Bahasa
Indonesia
1)
Mendemonstrasikan penguasaan materi
bahasa Indonesia
2)
Memberikan latihan ketrampilan
berbahasa
3)
Mengembangkan kemapuan siswa
untuk
berkomunikasi
dan bernalar
Rata – rata butir 3.a = R
b. Matematika 1
2 3
4 5
1)
|
Menanamkan konsep matematika
melalui
kegiatan
manipulatif
2)
|
Menguasi simbol – simbol
matematika
3)
|
Memberikan latihan penggunaan konsep
matematika dalam
kehidupan sehari - hari
|
Rata
– rata butir 3.b = R
c.
IPA 1
2 3
4 5
1)
Mendemonstrasikan pembelajaran
IPA
melalui pengamatan
langsung
2)
Meningkatkan keterlibatan siswa
melalui
pengalaman langsung
3)
|
Menampilkan penguasaan IPA
Rata – rata butir 3.c = R
d. IPS
1
2 3
4 5
1)
Mengembangkan pemahaman konsep
waktu
2)
Mengembangkan pemahaman konsep
ruang
3)
Mengembangkan pemahaman konsep
kelangkaan
(scarcity)
Rata – rata butir 3.d = R
e.
PKn 1
2 3
4 5
1)
Ketepatan mengunakan istilah –
istilah
khusus
dan konsep dalam Pendidikan
Kewarganegaraan.
2) Penguasaan materi Pendidikan
Kewarganegaraan.
3)
Menerapkan konsep Pendidikan
Kewarganegaraan
dalam kehidupan
sehari
– hari.
Rata – rata butir 3.e = R
4. Melaksakan Penilaian Proses dan hasil
belajar 1
2 3
4 5
a.
|
Melaksanakan penilaian selama
proses
Pembelajaran.
b.
|
Melaksanakan penilaian hasil
belajar pada
akhir
pembelajaran.
|
Rata
– rata butir 4 = S
5. Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
kelas
rangkap 1 2
3 4 5
a.
|
Peka terhadap kemampuan
berbahasa.
b.
|
Penampilan guru dalam
pembelajaran
kelas rangkap
c.
|
Keefektifan pembelajarankelas
rangkap
|
Rata
– rata butir 5 = T
|
|||
…………..,……………………..
Supervisor
……………………………..
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar