Senin, 26 Oktober 2015

APKG 2 PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU II (APKG II)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

1.      NAMA GURU / MAHASISWA         :      …………………………………………….
2.      NIM                                                   :      …………………………………………….
3.      NAMA SEKOLAH                            :      …………………………………………….
4.      MODEL PKR                                     :      …………………………………………….
5.      KELAS/SEMESTER                           :      …………………………………………….
6.      MATA PELAJARAN                         :      …………………………………………….
                                                                 …………………………………………….

7.      TOPIK                                               :      …………………………………………….
8.      TANGGAL                                        :      …………………………………………….
9.      KELOMPOK BELAJAR                    :      …………………………………………….
10.  UPBJJ-UT                                          :      …………………………………………….





PETUNJUK

1.       Amati dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2.       Pusatkan perhatian anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3.       Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir – butir penilaian di bawah ini.
4.       Khusu untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.

1.       Melakukan pembelajaran                                                        1                2               3                4               5
a.      


 
melaksanakan tugas rutin kelas


 
 


b.       Memulai kegiatan pembelajaran

c.       


 
Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai
dengan kemampuan/tujuan/indicator,
siswa, situasi, dan lingkungan

d.      


 
Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara
Individual, kelompok, atau klaksikal.

e.       


 
Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan
Kemampuan/tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan

f.       


 
Menggunakan media belajar yang sesuai dengan
Tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan

g.       


 
Menggunakan waktu pembelajaran secara
efisien

h.      


 
Mengakhiri kegiatan pembelajaran




 
Rata – rata butir 1 = P




2.       Mengelola interaksi kelas                                                         1                2               3                4               5
a.      


 
Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat,
terbuka dan penuh perhatian kepada siswa

b.      


 
Memicu dan memelihara keterlibatan siswa

c.       


 
Melakukan komunikasi secara efektif



 
Rata – rata butir 2 = Q


3.       Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam                1                2                3               4               5
pembelajaran kelas rangkap (isi yang sesuai
dengan RP PKR yang sedang dimilai)
a.       Bahasa Indonesia
1)       Mendemonstrasikan penguasaan materi
bahasa Indonesia

2)       Memberikan latihan ketrampilan berbahasa


3)       Mengembangkan kemapuan siswa untuk
berkomunikasi dan bernalar

Rata – rata butir 3.a  = R

b.       Matematika                                                                           1                2                3               4               5
1)      


 
Menanamkan konsep matematika melalui
kegiatan manipulatif

2)      


 
Menguasi simbol – simbol matematika

3)      


 
Memberikan latihan penggunaan konsep
matematika dalam kehidupan sehari - hari


 
 


Rata – rata butir 3.b  = R

c.        IPA                                                                                          1                2                3               4               5
1)       Mendemonstrasikan pembelajaran IPA
melalui pengamatan langsung

2)       Meningkatkan keterlibatan siswa melalui
pengalaman langsung

3)      


 
Menampilkan penguasaan IPA


Rata – rata butir 3.c  = R


d.       IPS                                                                                           1                2                3               4               5

1)       Mengembangkan pemahaman konsep
waktu

2)       Mengembangkan pemahaman konsep
ruang

3)       Mengembangkan pemahaman konsep
kelangkaan (scarcity)

Rata – rata butir 3.d  = R





e.        PKn                                                                                                       1                  2                3               4               5

1)       Ketepatan mengunakan istilah – istilah
khusus dan konsep dalam Pendidikan
Kewarganegaraan.

2)       Penguasaan materi Pendidikan
Kewarganegaraan.

3)       Menerapkan konsep Pendidikan
Kewarganegaraan dalam kehidupan
sehari – hari.

Rata – rata butir 3.e  = R


4.       Melaksakan Penilaian Proses dan hasil belajar               1                  2                3               4               5
a.      


 
Melaksanakan penilaian selama proses
Pembelajaran.

b.      


 
Melaksanakan penilaian hasil belajar pada
akhir pembelajaran.


 
 


Rata – rata butir 4  = S

5.       Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
kelas rangkap                                                                               1               2                3               4               5

a.      


 
Peka terhadap kemampuan berbahasa.

b.      


 
Penampilan guru dalam pembelajaran
kelas rangkap
c.       


 
Keefektifan pembelajarankelas rangkap



 
Rata – rata butir 5  = T


Catatan singkat pengamat tentang kekuatan dan kelebihan kemampuan mengajar guru dalam pembelajaran kelas rangkap, serta saran perbaikan.






 
 



















…………..,……………………..
Supervisor




…………………………….. 
NIP.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PAK CIK

“Semua gambar diawali dari sebuah titik” Pak Cik aku memanggilnya, bukan sebutan paman dalam Bahasa Melayu. Beliau adalah Pak Mucikno, Gur...