ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU II (APKG
II)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

1.
NAMA
GURU / MAHASISWA : …………………………………………….
2.
NIM :
…………………………………………….
3.
NAMA
SEKOLAH : …………………………………………….
4.
MODEL
PKR : …………………………………………….
5.
KELAS/SEMESTER : …………………………………………….
6.
MATA
PELAJARAN : …………………………………………….
…………………………………………….
7.
TOPIK :
…………………………………………….
8.
TANGGAL : …………………………………………….
9.
KELOMPOK
BELAJAR : …………………………………………….
10.
UPBJJ-UT : …………………………………………….
PETUNJUK
1.
Amati dengan cermat pembelajaran yang
sedang berlangsung.
2.
Pusatkan perhatian anda pada kemampuan
guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3.
Nilailah kemampuan guru tersebut dengan
menggunakan butir – butir penilaian di bawah ini.
4.
Khusu untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan
kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilih salah satu butir penilaian yang
sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.
1. Melakukan pembelajaran 1 2 3 4 5
a.


|



|
|||||||||
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
||||||
b.
Memulai kegiatan pembelajaran
c.
|




dengan
kemampuan/tujuan/indicator,
siswa, situasi, dan
lingkungan
d.
|




Individual,
kelompok, atau klaksikal.
e.


|



Kemampuan/tujuan,
siswa, situasi, dan lingkungan
f.


|



Tujuan, siswa,
situasi, dan lingkungan
g.


|



efisien
h.


|



|
Rata – rata butir 1 = P
2. Mengelola interaksi kelas 1 2 3 4 5
a.
|




terbuka
dan penuh perhatian kepada siswa
b.


|



c.


|



|
Rata – rata butir 2 = Q
3. Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam
1 2
3 4 5
pembelajaran
kelas rangkap (isi yang sesuai
dengan
RP PKR yang sedang dimilai)
a. 



Bahasa
Indonesia





1)
Mendemonstrasikan penguasaan materi
bahasa Indonesia
2)




Memberikan latihan ketrampilan
berbahasa





3)




Mengembangkan kemapuan siswa
untuk





berkomunikasi
dan bernalar

b. Matematika 1
2 3
4 5
1)
|




kegiatan
manipulatif
2)
|




3)
|




matematika dalam
kehidupan sehari - hari
|
Rata
– rata butir 3.b = R
c.
IPA 1
2 3
4 5
1)




Mendemonstrasikan pembelajaran
IPA





melalui pengamatan
langsung
2)




Meningkatkan keterlibatan siswa
melalui





pengalaman langsung
3)
|





d. IPS
1
2 3
4 5
1)




Mengembangkan pemahaman konsep





waktu
2)




Mengembangkan pemahaman konsep





ruang
3)




Mengembangkan pemahaman konsep





kelangkaan
(scarcity)

e.
PKn 1
2 3
4 5
1)




Ketepatan mengunakan istilah –
istilah





khusus
dan konsep dalam Pendidikan
Kewarganegaraan.
2) 



Penguasaan materi Pendidikan





Kewarganegaraan.
3)




Menerapkan konsep Pendidikan





Kewarganegaraan
dalam kehidupan
sehari
– hari.

4. Melaksakan Penilaian Proses dan hasil
belajar 1
2 3
4 5
a.
|




Pembelajaran.
b.


|



akhir
pembelajaran.
|
Rata
– rata butir 4 = S
5. Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
kelas
rangkap 1 2
3 4 5
a.
|




b.
|




kelas rangkap
c.






|

|
Rata
– rata butir 5 = T
|
|||
![]() |
…………..,……………………..
Supervisor
……………………………..
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar